by

Tingkatkan Mutu Pendidikan Nasional PTKIN Se-Indonesia Gelar RAKERNAS.

gagasankita.com – Jambi, Senat Mahasiswa (SEMA)yang merupakan lembaga legislatif mahasiswa menggelar Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia dengan mengangkat tema “Peran Mahasiswa dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Melalui Strategi Pembangunan Nasional Menuju SDGS 30” yang berlangsung di Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Thoha Saefuddin Jambi pada 6-9/04/ 2021.

RAKERNAS ini merupakan tindak lanjut dari Silaturahim Nasional (SILATNAS) yang telah dilaksanakan di IAIN Samarinda pada pertengahan Desember tahun lalu.

Agenda perdana SEMA PTKIN tersebut di buka langsung oleh Rektor UIN Sultan Thoha Saefuddin Jambi yaitu Prof. Dr. H. Su’aidi, MA.,Ph.D. yang dihadiri oleh delegasi pengurus SEMA PTKIN se-Indonesia yaitu 40 PTKIN dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Dalam sambutannya rektor UIN Sultan Thoha Saefuddin jambi memaparkan perihal trans-integrasi ilmu yang digagas oleh UIN Sultan Thoha Saefuddin jambi saat ini.

“Dengan kegiatan RAKERNAS ini diharapkan agar memunculkan pemimpin masa depan dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia serta menghasilkan gagasan yang bermanfaat” ungkap rektor UIN Sultan Thoha Saefuddin jambi dalam sambutannya.

Demikian pula Wakil Rektor III yaitu Dr. Bahrul Ulum, MA. menambahkan bahwa adanya kegiatan ini, peserta dapat menghasilkan pemikiran-pemikiran dan dapat berkontribusi pada perguruan tinggi, negara Indonesia, serta dapat mendiskusikan isu-isu nasional yang sedang berkembang.

Kegitan ini di gelar guna menginplementasikan program kerja SEMA PTKIN serta menyambung silaturrahmi antar Pengurus SEMA se-Indonesia untuk bersinergi dalam membangun peradaban bangsa.Nase Indillah Jais selaku ketua panitia berharap agar kegiatan ini menambah citra baik UIN Sultan Thaha Saefuddin Jambi dan dapat berjalan dengan sukses.

Rohmawan yang merupakan Koordinator Pusat (Koorpus) SEMA PTKIN se-Indonesia sekaligus mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Cirebon pada sambutannya menyampaikan bahwa suatu keniscyaan setiap Organisasi untuk bisa beradaptasi dalam setiap perkembangan zaman, begitupun dengan Organisasi SEMA PTKIN ini, Sebab banyak sekali organisasi tingkat nasional hilang dan tergilas oleh perkembangan zaman.

“Maksud dan tujuan dari dilaksanakannya Rakernas SEMA PTKIN Se-Indonesia ini adalah untuk penguatan kelembagaan SEMA PTKIN serta revitalisasi organisasi menuju Organisasi yang ideal dan optimal, serta mampu memberikan sumbangsih pemikiran untuk kemajuan bangsa dan negara kedepannya” ungkap Koorpus.

Pelaksanaan RAKERNAS di awali dengan penyampaian tentang penguatan kelembagaan oleh Ruchman Basori, S.Ag, M.Ag dan tentang entrepreneurship oleh Ketua Komite Nasional Provinsi Jambi yaitu Budi Setiawan, S.P, M.M.

Pada acara inti kegiatan ini membahas terkait program kerja pengurus pusat selama 1 tahun kepengurusan dan menetapkan 5 Wilayah untuk kepengurusan ditingkat wilayah yaitu, wilayah I ( Sumatera), Wilayah II ( Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta), Wilayah III ( Jawa Timur, Nusa, Bali), Wilayah IV ( Kalimantan), Wilayah V ( Sulawesi dan Papua)

Pada penghujung acara, SEMA PTKIN se-Indonesia yang dipimpin langsung oleh Koorpus melakukan deklarasi dengan menyatakan:

  1. Mengecam dan mengutuk secara keras segala bentuk aksi terorisme dan intoleransi yang mengancam persatuan dan kesatuan dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara.
  2. Mendukung Lembaga pemerintahan untuk mengawal secara masif dan membangun gerakan untuk mempersiapkan bonus demografi.
  3. Mengecam segala bentuk plagiarisme akademik yang terjadi dilingkungan kementrian agama.
  4. Mengawal secara penuh atas keterlaksanaannya proses Pendidikan ditengah masa pandemi covid-19 di lingkungan PTKIN.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed